Kamis, 23 Juni 2016

Universitas Muhammadiyah Malang




Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) adalah perguruan tinggi swasta terakreditasi "A" dengan Nomor SK: 074/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013 yang berada di kota Malang, Jawa Timur, yang berpusat di kampus III terpadu Universitas Muhammadiyah Malang, Jalan Raya Tlogomas 246 Kota Malang. Universitas yang berdiri pada tahun 1964 ini merupakan perguruan tinggi Muhammadiyat terbesar di Jawa Timur. Gedung UMM yang didominasi warna putih maka UMM dikenal dengan sebutan “kampus putih”.
Pada sekarang ini , Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menempati 3 lokasi kampus. Kampus I di Jalan Bandung no. 1 yang merupakan cikal balik UMM dan kini dikonsentrasikan untuk program Pascasarjana, kampus II di Jalan Bendungan Sutami 188A yang dulunya pusat UMM dan kini lebih dikonsentrasikan untuk fakultas Kedokteran dan fakultas Iimu Kesehatan dan kampus III di Jalan Tlogomas 246 yang kini sebagai kampus terpadu dijadikan pusat dari seluruh aktivitas.

Pada awal berdiri Universitas Muhammadiyah Malang merupakan cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta , yang didirikan oleh Yayasan Pergurun Tinggi Muhammadiyah Jakarta. Pada waktu itu UMM hanya terdapat 3 fakultas yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Keguruan dan IImu Pendidikan (FKIP) Jurusan Pendidikan Agama. Pada tanggal 1 Juli 1968 , Universitas Muhammadiyah Malang resmi menjadi universitas sendiri dan terlepas dari Universitas Muhammadiyah Jakarta. Dan sekarang UMM memiliki 12 fakultas dengan 44 jurusan .









1 komentar:

  1. Bagaimana pembagian fokus lokasi antara tiga kampus UMM, dan mengapa masing-masing kampus dikonsentrasikan untuk program-program tertentu? Visit us Telkom University

    BalasHapus