Kamis, 23 Juni 2016

Fisioterapi




Jurusan Fisioterapi banyak yang belum mengetahui akan jurusan ini, masih terdengar asing oleh masyarakat. Padahal Fisioterapi memiliki peluang atau prospek kerja yang sangat terbuka lebar.
Fisioterapi sendiri merupakan ilmu yang menitikberatkan untuk menstabilkan atau memperbaiki fungsi kerja maupun struktur tulang manusia dengan menggunakan metode terapi gerak. Metode terapinya dapat berupa arus listrik,sinar panas ,dingin , pemijatan , dan latihan.
Menurut Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.778 Tahun 2008 tentang Pedoman Pelayanan Fisioterapi di Sarana Kesehatan, fisioterapi adalah suatu pelayanan kesehatan yang ditujukan untuk individu dan atau kelompok dalam upaya mengembangkan, memelihara, dan memulihkan gerak dan fungsi sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan modalitas fisik, agen fisik, mekanis, gerak, dan komunikasi. Fisioterapi dapat melatih pasien dengan olahraga khusus, penguluran dan bermacam-macam teknik dan menggunakan beberapa alat khusus untuk mengatasi masalah yang dihadapi pasien yang tidak dapat diatasi dengan latihan–latihan fisioterapi.
Bentuk-bentuk penangannya itu dengan melakukan pemijatan di daerah tertentu, menggunakan arus listrik yang terkontrol , latihan pada otot atau sendi, latihan dengan menggunakan alat bantu atau dengan merambat pada pegangan.
Jadi, Fisioterapis (orang yang melakukan fisioterapi) bukan tukang urut maupu tukang pijit meskipun mereka mengetahui dan mempelajari urusan otot, tulang dan sendi sehingga mengerti tentang dunia urut. Namun, meraka lebih ahli dalam hal tersebut.
Fisioterapi termasuk dalam Fakultas Ilmu Kesehatan , kuliah di jurusan Fisioterapi kalian akan banyak mempelajari tentang struktur, fungsi dan mekanisme alat gerak pada tubuh manusia berupa otot, persendian, dan fungsi-fungsinya. Selain mempelajari, juga memahami penanganan bermacam gangguan yang terjadi pada alat gerak manusia menggunakan alat bantu maupun tanpa alat bantu . Fisioterapi akan banyak praktiknya selama berkuliah agar dapat memahami dengan cepat dan cermat.


Prospek kerja Fisioterapi beragam
1.     Bekerja di Rumah Sakit di Papua
Profesi Fisioterapis masih jarang dan mungkin belum ada di daerah Papua sehingga pilihan untuk bekerja di Papua sangatlah terbuka lebar. Rumah Sakit di Papua khususnya kota tempatku berasal yaitu Manokwari belum ada makanya prospek kerja di Papua sangatlah terjamin

2.     Membuka Klinik Fisioterapi Mandiri
Jika kalian ingin berwirausaha dapat membuak klinik Fisioterapi sendiri, kamu dapat bekerja sama dengan dokter-dokter yang membuka praktik atau rumah sakit untuk menerima rujukan pengobatan lanjutan atau lengkap. Layanan Babyspa juga dapat kalian lakukan karena masih jarang yang membuka baby spa .

3.     Konsultan Kebugaran
Profesi ini juga memiliki prospek kerja yang bagus, kalian dapat menjadi konsultan kebugaran  pada sanggar senam, klub olahraga (terutama pada klub sepakbola ). Profesi masih jarang di Indonesia apalagi di klub olahraga tidak terlalu banyak klub olahraga yang memiliki konsultan kebugaran. Kalian juga dapat menjadi konsultan online dengan membuak blog dan memberikan cara atau tips-tips dalam blog kalian itu.


Jadi, keunggulan dari jurusan ini yaitu prospek kerja kedepannya yang menjaminkan dan terbuka sangat lebar. 

1 komentar:

  1. Bagaimana peluang pekerjaan fisioterapi di daerah Papua, dan apa tantangan yang mungkin dihadapi di sana?
    Regard Telkom University

    BalasHapus