Kamis, 23 Juni 2016

Masjid AR. Fahruddin & SPBU UMM

Masjid AR. Fahruddin




Masjid AR. Fahruddin merupakan masjid yang berada di area kampus III Universitas Muhammadiyah Malang di tepi jalan raya Tlogomas. Masjid ini dibangun pada tahun 1995 dan diliriskan atau diresmikan pada tahun 1998 oleh BJ. Habibie. Lokasi sangat trategis sehingga masyarakat yang hendak ke arah Batu maupun balik dapat singgah untuk sholat dan masjid kadang dijadikan tempat wisata. Bangunan masjid ini dibuat dengan aksitektur yang modern dan sangat megah sama halnya dengan kampusnya masjid UMM juga berwarna putih.

Masjid AR. Fahruddin terdapat 5 lantai , lantai 1 digunakan untuk area perkantoran, bank, kantin, ATM, Laboratorium, bimbingan konseling, poliklinik, dan radio UMM FM. Lantai 2 digunakan untuk tempat wudhu, aula, laboratorium psikolog, perkantoran takmir masjid, lantai 3 sampai lantai 5 digunakan sebagai tempat beribadah. Masjid ini digunakan sebagai pusat dakwah dan juga sebagai pusat keislaman bagi seluruh mahasiswa maupun masyarakata setempat.




SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) UMM



Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Universitas Muhammadiyah Malang berada di tempat keluar kampus III UMM, SPBU ini dibangun  disebelah Barat Masjid AR. Fahruddin.

SPBU UMM tersedia cafetari dan resting area yang bertempat dilantai dasar. Tujuan pembangunan SPBU yaitu sebagai upaya UMM dalam mengembangkan profit centre untuk mendukung finansial selain biaya pendidikan dari mahasiswa dan juga untuk mempermudah mahasiswa dalam mengisi bahan bakar bukan mahasiswa saja tetapi masyarakat kota Malang karena banyak kendaraan yang berada di kota Malang sehingga kebutuhan penyediaan bahan bakar pun meningkat.

















1 komentar:

  1. Bagaimana arsitektur dan fungsi Masjid AR. Fahruddin mendukung kegiatan keagamaan dan dakwah di Universitas Muhammadiyah Malang?
    Greeting : Telkom University

    BalasHapus